Penipuan Didalam Investasi

Penipuan didalam investasi melibatkan anda untuk berkecimpung didalam bisnis untuk menjadi bagian didalam uang dengan janji dari peluang keuangan yang dipertanyakan.

  • Jenis-jenis yang umum dari penipuan investasi
  • Panggilan investasi yang tenang

Seorang penipu akan mengaku sebagai makelar saham atau manajer portofolio dengan menelepon dan meanwarkan anda sebuah nasihat keuangan atau investasi. Mereka akan mengklaim tentang apa yang mereka tawarkan beresiko rendah dan menyediakan anda dengan cepat serta tingkat pengembalian yang tinggi, atau mendorong anda untuk berinvestasi di perusahaan luar negeri. Penawaran dari si penipu akan terdengar sah dan mereka mungkin memiliki sumber daya untuk mendukung rencananya. Mereka secara terus-menerus dan kerap selalu menelepon anda kembali.

Penipu mungkin mengklaim bahwa mereka tidak memerlukan bantuan dari Jasa Keuangan berlisensi Australia, atau mereka telah disetujui oleh pihak regulator pemerintah yang sah atau berafiliasi dengan perusahaan asli.

Investasi yang ditawarkan dalam jenis-jenis panggilan tenang umumnya adalah saham, hipotek, atau penipuan tingkat pengembalian di real estate, perdagangan pilihan ataupun perdagangan mata uang asing. Si penipu beroperasi di luar negeri, dan tidak akan pernah memiliki lisensi dari Jasa Keuangan Australia.

  • Membagikan promosi dan tips “panas”

Si penipu mendorong anda untuk membeli saham di perusahaan yang telah mereka prediksi akan segera meningkat nilainya. Anda dapat dihubungi melalui email atau pesan yang akan diposting di forum. Pesan akan tampak seperti didalam tip dan mendesak anda untuk bertindak cepat. Si penipu sedang mencoba untuk meningkatkan harga saham sehingga mereka dapat menjual saham yang sudah dibeli, dan menghasilkan keuntungan besar disini. Nilai saham tersebut kemudian akan turun dengan drastis.

Jika anda sudah terlanjur menginvestasikannya, maka anda akan ditinggalkan dengan kerugian besar atau saham tersebut sebenarnya tidak berharga sama sekali.

  • Seminar investasi

Seminar investasi dipromosikan oleh pembicara motivasi yang menjanjikan, pakar investsi, atau pengusaha jutawan yang akan memberikan anda beberapa saran ahli dalam investasi. Mereka dirancang untuk meyakinkan anda ke strategi berikutnya yaitu investasi beresiko tinggi seperti meminjam uang dalam jumlah besar untuk membeli sebuah property, atau investasi yang melibatkan peminjaman uang dengan tidak ada dasar keamanan ataupun hal-hal beresiko lainnya.

Promotor menghasilkan uang dengan membebani anda dengan biaya kehadiran, menjual laporan atau buku-buku yang mahal, dan dengan menjual investasi serta property tanpa membiarkan anda mendapatkan saran yang independen. Investasi yang ditawarkan umumnya dinilai terlalu tinggi dan anda mungkin berakhir harus membayar biaya dan komisi; parahnya lagi, para promotor tidak pernah memberitahu anda sebelumnya. Taktik penjualan bertekanan tinggi atau klaim palsu dan menyesatkan sering digunakan untuk memaksa anda melakukan investasi, seperti jaminan harga sewa atau diskon untuk membeli sebuah rencana.

Jika anda berinvestasi dimana ada peluang yang tinggi, bisa dipastikan anda akan menderita kerugian.

  • Pensiun

Penipuan masa pensiun menawarkan anda untuk memberikan akses awal ke dana supermu, seringkali melalui dana super yang dikelola sendiri atau dengan biaya tertentu. Penawaran dapat berasal dari penasihat finansial, atau si penipu yang sedang menyamar menjadi salah satunya. Penipu akan meminta anda untuk menyetujui sebuah cerita untuk memastika perilisan awal uangmu dan kemudian bertindak sebagai penasihat finansialmu, mereka akan menipu perusahaan dana pensiun anda sehingga membayar uang langsung ke dalam rekening mereka. Setelah mereka mengambil uangmu, si penipu dapat meninggalkan “biaya” yang besar dari dana yang dirilis atau meninggalkan anda tanpa sepeser pun.

Anda tidak dapat secara legal mengakses bagian super danamu yang telah disimpan sampai anda menginjak usia 55 atau 60 tahun, tergantung dari tahun kelahiranmu. Ada pengecualian tertentu seperti kesulitan keuangan yang parah atau alasan kemanusiaan – tetapi siapapun yang dinyatakan telah menawarkan akses awal didalam dana supermu, mereka bertindak secara illegal.

  • Tanda peringatan

Anda menerima panggilan, atau panggilan berulang dari seseorang yang menawarkan nasihat yang tidak diminta pada investasi. Mereka mungkin mencoba untuk mempertahankan anda di telepon dalam waktu yang cukup lama, atau mencoba dan mengalihkannya ke orang yang lebih senior. Anda diberitahu bahwa anda harus bertindak cepat dan berinvestasi atau anda akan kehilangan kesempatan tersebut.

Anda menerima email dari orang asing yang menawarkan nasihat tentang harga saham dari perusahaan tertentu. Mungkin tidak ditujukan kepada anda secara pribadi, dan bahkan mungkin memberikan kesan seolah-olah pengiriman kepada anda terjadi karena kesalahan.

Sebuah iklan atau semira membuat klaim seperti “investasi bebas resiko”, “menjadi jutawan dalam 3 tahun”, atau “skema cepat kaya”.

Anda diundang untuk menghadiri seminar gratis, tetapi ada biaya tinggi saat menghadiri setiap sesi selanjutnya. Penipu yang menyamar sebagai promotor mungkin menawarkan pinjaman untuk menutupi biaya kehadiran anda di seminar tambahan dan investasi.

Anda melihat sebuah iklan yang menjanjikan cara tepat dan mudah untuk “membuka’ dana pensiun lebih awal.

  • Lindungi dirimu

Jangan memberikan informasimu kepada seorang penelepon yang tidak dikenal atau membalas email yang menawarkan nasihat finansial atau peluang investasi – anda cukup menggantungkan atau menghapus email tersebut.

Mencurigai peluang investasi yang menjanjikan tingkat pengembalian yang tinggi ataupun tanpa resiko.

Periksalah, apakah penasihat finansial sudah terdaftar di website ASIC. Setiap bisnis atau orang yang menawarkan dan menyarankan anda tentang produk finansial harus menjadi pemegang lisensi Jasa Keuangan Australia.

Periksa daftar ASIC mengenai perusahaan abal-abal yang tidak perlu anda respon. Jika perusahaan yang disebutkan berada dalam daftar maka jangan sesekali berurusan dengan mereka.

Jangan biarkan adanya tekanan dari siapapun memaksa anda untuk membuat keputusan tentang uang atau invetasi dan jangan pernah berkomitmen untuk berinvestasi apapun didalam seminar – selalu dapatkan nasihat hukum atau keuangan yang independen.

Jangan menanggapi email dari orang asing yang menawarkan prediksi pada saham, tips investasi atau investasi apapun.

Jika anda merasa tawaran untuk membeli saham mungkin terlihat sah, pastikan memeriksa daftar perusahaan di bursa saham untuk nilai dan saham baru-baru ini melalui kinerjanya. Beberapa tawaran untuk membeli saham anda mungkin berada jauh dibawah nilai pasar.

Selalu ambil waktu untuk mempertimbangkan kesempatan dan mencari nasihat finansial yang independen.

Pelajarilah pengetahuan tentang cara cepat dapat uang dengan memanfaatkan investasi online sebagai penghasilan tambahan yang halal menurut Islam